Solusi Untuk Anak Yang Suka Merusak Mainan

Diposting pada

Solusi Untuk Anak Yang Suka Merusak Mainan Sebagai bentuk kasih sayang sebagian orang tua mengungkapkannya dengan cara membelikan berbagai macam mainan untuk anak mereka, dengan harapan anak mereka akan bermain bersama teman-temannya sehingga anak selalu merasa gembira. Tetapi ada kalanya mainan yang telah di belikan itu akan menjadi bahan eksperiment bagi anak, biasanya pada saat anak masuk pada fase-fase dimana ia sangat aktif dan mempunyai rasa ingin tahu pada sebuah objek, yakni mainan.

Solusi Untuk Anak Yang Suka Merusak Mainan

Dengan bentuk dan warna yang beraneka ragam, pada sebagian anak mungkin akan merasa ingin tahu dan kemudian membongkar dan merusaknya. Ada juga anak-anak yang suka membanting dan melempar mainan sesuka hatinya untuk memperoleh kesenangan tersendiri.

Nah, pada saat itulah Anda pasti akan merasa sebal dan mungkin jengkel karena harga mainan sekarang ini tidaklah murah. Namun jangan terbawa emosi dulu saat menghadapinya, coba untuk melakukan beberapa tips dan trik di bawah ini dalam menghadapi situasi seperti tadi!

Mengajarkan Cara Bermain yang Bagus
Orang tua sebaiknya meluangkan waktu sejenak untuk ikut serta dalam permainan anak. Di saat seperti inilah orang tua sebaiknya mengajarkan bagaimana cara bermain yang asyik tanpa merusak barang tersebut. Dengan dialog ringan untuk menjelaskan bahwa merusak mainan bukanlah perbuatan yang baik dan dibarengi dengan bermain bersama, maka anak akan merasa senang dan dapat menangkap maksud Anda.

Beri Nama
Dalam permainan, anak biasanya berimajinasi dengan mainannya. Berilah nama pada mainan-mainannya, maka anak Anda akan lebih menyayangi mainannya.

Anak Hiperaktif
Jika anak Anda hiperaktif, sebaiknya Anda selaku orang tua yang harus lebih sensitif dalam pemilihan mainan. Anda sebaiknya memilihkan mainan yang tidak gampang rusak dan rapuh. Jika anak Anda perempuan, Anda boleh membelikan boneka-boneka kain. Boneka plastik biasanya lebih gampang dirusak. Untuk anak laki-laki Anda harus teliti dalam pemilihan komponen-komponen mainan. Pilih mainan yang tidak bisa dilepas atau dibongkar pasang.

Jangan Boros
Jangan sering-sering membelikan mainan jika si anak tidak meminta. Alihkan perhatiannya untuk bermain bersama dengan teman-temannya, bernyanyi atau melakukan aktivitas-aktivitas positif lainnya selain bermain dengan mainannya.

Demikian tadi adalah beberapa solusi untuk anak yang suka merusak mainan yang bisa anda lakukan. Ingatlah untuk selalu menghadapinya dengan tenang jangan terbawa emosi, arahkanlah sang anak dengan cara yang lembut dan penuh kasih sayang.