Ajarkan Anak Konsumsi Makanan Sehat Sejak Dini

Diposting pada

Ajarkan Anak Konsumsi Makanan Sehat Membuat anak-anak senang menyantap makanan sehat di rumah merupakan tantangan besar bagi orang tua, karena memang perlu usaha dan kesabaran yang ekstra. Maraknya produk makanan siap saji bisa jadi satu alasan anak memilih makanan gurih dan berlemak tinggi dibandingkan makanan sehat. Kesibukan orangtua membuat makanan yang tersaji di rumah adalah makanan kemasan atau hidangan siap saji. Tentu saja kebiasaan itu bisa membuat anak-anak malas menjamah makanan sehat. Padahal menurut Mayo Clinic, anak di usia 4 sampai 8 tahun idealnya mengonsumsi 1.200 sampai 2.000 kalori per hari (tergantung pada usia dan jenis kelamin).

Ajarkan Anak Konsumsi Makanan Sehat Sejak Dini

Maka dari itu agar tubuh si kecil kebal dari penyakit, tanamkan di memori mereka untuk memilih gaya hidup sehat dengan mengajarkan kepada mereka tentang cara memilih makanan yang tepat.

Sarapan
Sediakan selalu buah-buahan yang selama ini menjadi favorit anak. Anak-anak yang tidak suka makan sebelum sekolah, biasanya bisa tergoda pada buah yang disajikan itu. Atau, cobalah dengan menawarkan kepada si kecil roti bakar dengan selai kacang dan segelas susu.

Makan Siang
Sajikan irisan sayuran saat makan siang atau berikan sup rendah sodium (rendah garam). Menu ini baik untuk menambah vitamin dan serat buat anak.

Makan Malam
Sediakan menu makan malam yang mengandung gizi seimbang. Jangan terlalu sering menghidangkan masakan berbahan daging merah. Sediakan sayuran, ikan dan kacang-kacangan agar si kecil terbiasa menyantap makanan sehat.

Kurangi Camilan
Batasi si kecil ngemil makanan tidak bergizi. Ganti camilan berlemak tinggi dengan buah-buahan, sayuran, atau keripik yang rendah lemak. Selain itu, ajarkan si kecil untuk selalu makan di meja makan.

Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mengajari anak supaya mengkonsumsi makanan yang sehat. Hal ini penting karena akan sangat berpengaruh pada proses tumbuh kembang sang anak nantinya. Jangan biarkan anak anda mengkonsumsi makanan atau jajanan yang kurang sehat, selalu perhatikanlah mereka. Yuk ajarkan anak konsumsi makanan sehat sejak dini, agar menjadi kebiasaan dan memaksimalkan tumbuh kembangnya!